Ciri-ciri Anak Terkena Pneumonia? Deteksi Dini Hitung Kecepatan Napasnya Ya Bu

Pneumonia adalah salah satu bentuk infeksi saluran pernapasan akut yang menyerang paru-paru.

Paru-paru terdiri dari kantung kecil yang disebut alveoli, yang terisi udara saat orang sehat bernafas. Ketika seseorang menderita pneumonia, alveoli berisi nanah dan cairan, yang menyebabkan nyeri saat bernapas dan membatasi asupan oksigen.

Pneumonia adalah penyebab kematian menular terbesar pada anak-anak di seluruh dunia. Pneumonia membunuh 808.694 anak di bawah usia 5 tahun pada tahun 2017, terhitung 15% dari semua kematian anak di bawah usia lima tahun.

Pneumonia menyerang anak-anak dan keluarga di mana-mana, tetapi paling umum terjadi di Asia Selatan dan Afrika sub-Sahara.

Anak-anak dapat terlindungi dari pneumonia, dapat dicegah dengan intervensi sederhana, dan diobati dengan pengobatan dan perawatan berbiaya rendah dan berteknologi rendah.

Pneumonia disebabkan oleh sejumlah agen penular, termasuk virus, bakteri, dan jamur. Yang paling umum adalah:

  • - Streptococcus pneumoniae , penyebab paling umum dari pneumonia bakterial pada anak-anak.
  • - Haemophilus influenzae tipe b (Hib) - penyebab paling umum kedua dari pneumonia bakterial
  • - Virus pernapasan syncytial adalah penyebab virus paling umum dari pneumonia
  • - Pada bayi yang terinfeksi HIV, Pneumocystis jiroveci adalah salah satu penyebab paling umum dari pneumonia, bertanggung jawab atas setidaknya seperempat dari semua kematian akibat pneumonia pada bayi yang terinfeksi HIV.

Pneumonia dapat menyebar dengan berbagai cara. Virus dan bakteri yang biasa ditemukan di hidung atau tenggorokan anak, dapat menginfeksi paru-paru jika terhirup.

Mereka juga dapat menyebar melalui tetesan yang terbawa udara dari batuk atau bersin. Selain itu, pneumonia dapat menyebar melalui darah, terutama selama dan segera setelah lahir.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan pada berbagai patogen penyebab pneumonia dan cara penularannya, karena ini sangat penting untuk pengobatan dan pencegahan.

Gambaran umum dari pneumonia virus dan bakteri serupa. Namun, gejala pneumonia virus mungkin lebih banyak daripada gejala pneumonia bakterial.

Pada anak-anak di bawah usia 5 tahun, yang mengalami batuk dan / atau kesulitan bernapas, dengan atau tanpa demam, pneumonia didiagnosis dengan adanya pernapasan cepat atau dinding dada bagian bawah yang tertarik ke dalam atau menarik saat menghirup (dalam keadaan sehat. orang, dada mengembang saat menghirup). Mengi lebih sering terjadi pada infeksi virus.

Rencana aksi global terpadu WHO dan UNICEF untuk pneumonia dan diare (GAPPD) bertujuan untuk mempercepat pengendalian pneumonia dengan kombinasi intervensi untuk melindungi, mencegah, dan mengobati pneumonia pada anak dengan tindakan.

Untuk mengenali gejala pneumonia orangtua, GAPPD menyarankan orangtua untuk tahu cara menghitung napas anak, lakukan perhitungan napas saat anak dalam keadaan tenang atau tertidur.

Cara menghitung napas anak dapat dilakukan dengan cara melihat gerakan dada anak atau dengan meletakan tangan diatas dada anak dalam waktu 1 menit.

Napas anak dikategorikan cepat apabila;

  1. - Frekuensi napas sama dengan atau lebih dari 60 kali dalam 1menit pada usia anak kurang dari 2 bulan.
  2. - Sama dengan atau lebih dari 50 kali untuk anak dengan usia 2 bulan hingga 11bulan.
  3. - Sama dengan atau lebih dari 40 kali untuk anak dengan usia 1 hingga 5 tahun. Perhitungan sebaiknya dilakukan sebanyak tiga kali pada pagi, siang dan malam.

Bila napas anak cepat, tarikan dinding dada kedalam, kebiruan pada bibir, saat bernapas disertai dengan gerakan seperti mengangguk-angguk maka dapat dikatakan anak mengalami sesak napas dan harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Tag : pneumonia anak idai, antibiotik untuk pneumonia anak, obat pneumonia anak di apotik, apakah pneumonia pada anak bisa sembuh, faktor penyebab pneumonia pada bayi, pencegahan pneumonia pada anak, dampak pneumonia pada anak, lama pengobatan pneumonia pada anak, anak susah bernafas

Posting Komentar untuk "Ciri-ciri Anak Terkena Pneumonia? Deteksi Dini Hitung Kecepatan Napasnya Ya Bu"